PENDAHULUAN
Konsep Game
Dalam membuat game kita harus memahami konsep dari game yang akan kita buat.Tidak mungkin kita membuat game tanpa ada konsep ibarat membabi buta. Konsep merupakan bagian yang paling penting, sebab disinilah anda menentukan game apa yang anda ingin buat , R.P.G. , Adventure , Action, atau apa? Setelah pembuatan konsep kita akan mengikuti langkah-langkah selanjutnya , tergantung dari game yang akan dibuat , game 2D sederhana, game 2D besar, game 3d sederhana, atau game 3d besar. Anda dapat melihat bagan konsep dibawah ini.
1.bagan konsep game 2D sederhana.
2.bagan konsep game 2D sedang/besar.
3.bagan konsep game 3D sederhana.
4.bagan konsep game 3D sedang/besar.
Untuk tambahan, mungkin bagi anda yang tidak tahu apa arti dari “bug” akan bertanya-tanya , apakah itu serangga? Tidak , yang dimaksud “bug” disini adalah kesalahan yang terdapat dalam game. Dalam game yang berukuran sedang/ besar( tidak dilihat dari segi besarnya ukuran file, tetapi dari segi cerita,gameplay,durasi, kualitas gambar,dll) , sangat besar kemungkinan akan adanya kesalahan dalam game. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengecek ulang atau kalau perlu meminta bantuan teman atau kenalan untuk mencoba memainkan dan mencari kesalahan yang ada.
Pengertian Game
Game adalah permainan secara berstruktur, biasanya dilakukan untuk kesenangan dan kadang-kadang digunakan sebagai alat pendidikan.
Permainan berbeda dari pekerjaan, yang biasanya dilakukan untuk remunerasi, dan dari seni, yang lebih sering merupakan ekspresi dari unsur estetika atau ideologi. Namun, perbedaan ini tidak jelas, dan banyak permainan juga dianggap sebagai pekerjaan (seperti pemain profesional tentang olahraga dengan penonton / games) atau seni (seperti jigsaw puzzle atau permainan yang melibatkan tata letak artistik seperti Mahjong, solitaire, atau beberapa video game).
Permainan berbeda dari pekerjaan, yang biasanya dilakukan untuk remunerasi, dan dari seni, yang lebih sering merupakan ekspresi dari unsur estetika atau ideologi. Namun, perbedaan ini tidak jelas, dan banyak permainan juga dianggap sebagai pekerjaan (seperti pemain profesional tentang olahraga dengan penonton / games) atau seni (seperti jigsaw puzzle atau permainan yang melibatkan tata letak artistik seperti Mahjong, solitaire, atau beberapa video game).
KUNCI Dari Game yang baik adalah tujuan, aturan, tantangan, dan interaksi. Game umumnya melibatkan stimulasi mental atau fisik, dan sering keduanya. Banyak permainan membantu mengembangkan keterampilan praktis, melayani sebagai bentuk latihan, atau sebaliknya melakukan peran, pendidikan simulational, atau psikologis.
Dibuktikan sejak 2600 SM, permainan adalah bagian universal pengalaman manusia dan hadir dalam semua budaya. The Royal Game Ur, Senet, dan Mancala adalah beberapa permainan tertua .
Jenis Jenis Game
RPG (Role Playing Game)
RPG adalah salah satu game yg mengandung unsur experience atau leveling dalam gameplay nya. Biasanya dalam game ini kita memiliki kebebasan untuk menjelajah dunia game tersebut, dan kadang kala dalam beberapa game, kita dapat menentukan ending dari game tersebut
RPG terbagi 2 : Action RPG & Turn Based RPG (Menunggu giliran kita untuk berjalan seperti Monopoly)
RPG Action | Mass Effect |
Turn Based RPG | The Last Remnant |
FPS (First Person Shooting)
FPS adalah game yg tembak menembak yg memiliki ciri utamanya adalah penggunaan sudut pandang orang pertama yg membuat kita dibelakang senjata.
FPS | Counter Strike |
Third Person Shooter
TPS adalah game yg mirip dengan FPS yaitu memiliki gameplay tembak
menembak hanya saja sudut pandang yg digunakan dalam game ini
adalah orang ketiga.
TPS | Lost Planet |
Strategy
STRATEGY adalah genre game yg memiliki gameplay untuk mengatur
suatu unit atau pasukan untuk menyerang markas musuh dalam rangka
memenangkan permainan. biasanya di dalam game Strategy, kita dituntut
untuk mencari gold untuk membiayai pasukan kita.
Games Strategy dibagi 2 :
pada game ini, kita dapat mengendalikan pasukan secara langsung, dari mencari sumber daya, hingga menghancurkan musuh. Semua pertempuran ini dapat kita saksikan secara langsung.
Real Time Strategy (RTS) | Warcraft 3 |
sistem nya seperti Turn Based RPG, tetapi disini selain mengendalikan character utama, kita mengendalikan pasukan dan kota kita untuk memenangkan pertarungan. biasanya kita memainkan game nya di atas peta.
Turn Based Strategy (TBS) | Civilization |
Sports
Sports Adalah genre bertema permainan olahraga. Sistem permainan akan
berbeda-beda tergantung jenis olahraga yang menjadi tema game tersebut
Sports | PES 2014 |
Genre Games yang lain :
Simulation
Simulasi Adalah genre yang mementingkan realisme. Segala faktor pada game ini
sangat diperhatikan agar semirip didunia nyata. Segala nilai, material,
referensi, dan faktor lainnya adalah berdasarkan dunia nyata. Cara
memainkannya juga berbeda, karena biasanya kontrol yang dimiliki cukup
rumit. Genre simulasi meliputi game racing, flight, sampai militer
Tycoon
Tycoon adalah game yg menjadikan kita sebagai seorang bussinesman
yang akan mengembangkan sesuatu Property untuk dikembangkan hingga
laku di pasaran
Racing
Racing Game adalah game sejenis racing yg memungkinkan kita untuk
mengendalikan sebuah kendaraan untuk memenangkan sebuah balapan.
Action Adventure
Action Adventure adalah game berupa petualangan salah seorang
karakter yg penuh dengan penuh aksi yg akan terus ada hingga game
tersebut tamat. (Biasanya Action dimasukan kategori RPG)
Arcade
Arcade game adalah genre game yang tidak terfokus pada cerita, melainkan hanya dimainkan "just for fun" atau untuk kejar-mengejar point / highscore
Fighting Game
Fighting adalah genre game bertarung. Seperti dalam arcade, pemain dapat mengeluarkan jurus-jurus ampuh dalam pertarungannya. Genre fighting biasanya one on one dalam sebuah arena yang sempit.
Simulation
Simulasi Adalah genre yang mementingkan realisme. Segala faktor pada game ini
sangat diperhatikan agar semirip didunia nyata. Segala nilai, material,
referensi, dan faktor lainnya adalah berdasarkan dunia nyata. Cara
memainkannya juga berbeda, karena biasanya kontrol yang dimiliki cukup
rumit. Genre simulasi meliputi game racing, flight, sampai militer
Tycoon
Tycoon adalah game yg menjadikan kita sebagai seorang bussinesman
yang akan mengembangkan sesuatu Property untuk dikembangkan hingga
laku di pasaran
Racing
Racing Game adalah game sejenis racing yg memungkinkan kita untuk
mengendalikan sebuah kendaraan untuk memenangkan sebuah balapan.
Action Adventure
Action Adventure adalah game berupa petualangan salah seorang
karakter yg penuh dengan penuh aksi yg akan terus ada hingga game
tersebut tamat. (Biasanya Action dimasukan kategori RPG)
Arcade
Arcade game adalah genre game yang tidak terfokus pada cerita, melainkan hanya dimainkan "just for fun" atau untuk kejar-mengejar point / highscore
Fighting Game
Fighting adalah genre game bertarung. Seperti dalam arcade, pemain dapat mengeluarkan jurus-jurus ampuh dalam pertarungannya. Genre fighting biasanya one on one dalam sebuah arena yang sempit.
TEKNOLOGI GAME
Bisnis dalam Game Komputer
3D Engine
Game engine adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah game.
Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Sebuah game engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar. Yaitu API dan SDK. API ( Applicaiton Programming Interfaces ) adalah bagian operating system, services dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan. Dalam hal ini contohnya DirectX. Sementara SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan services yang sama.
Scene Graph
adalah suatu teknik pengelolaan data atau struktur data yang biasanya dipakai pada suatu aplikasi rekayasa grafis berbasis vektor dan pemodelan tiga dimensi baik itu untuk keperluan video game ataupun yang lainnya dengan menggunakan konsep graf berarah dan pohon m-ary.
Beberapa program yang menggunakan Scene Graph ini adalah AutoCad, Adobe Illustrator, Corel Draw, dll. Pengertian teoritis dari Scene Graph ini sebenarnya tidak jelas atau kabur dikarenakan para programmer yang menggunakan Scene Graph pada sebuah aplikasi hanya mengambil prinsip dasarnya lalu mengimplementasikannya pada aplikasi tersebut sesuai fungsi dari aplikasi tersebut.
Ogre 3D
Sebuah adegan grafik adalah salah satu konsep yang paling banyak digunakan dalam pemrograman grafis. Sederhananya, itu adalah cara untuk menyimpan informasi tentang adegan. Kita sudah membahas bahwa adegan grafik memiliki akar dan diatur seperti pohon. Tapi kami tidak menyentuh pada fungsi yang paling penting dari grafik adegan. Setiap node dari grafik adegan memiliki daftar anak-anak serta transformasi dalam ruang 3D. Transformasi ini terdiri dari tiga aspek, yaitu, posisi, rotasi, dan skala. Posisi triple (x, y, z), yang jelas menggambarkan posisi node dalam adegan. Rotasi disimpan menggunakan angka empat, konsep matematika untuk menyimpan rotasi dalam ruang 3D, tapi kami bisa memikirkan rotasi sebagai nilai floating point tunggal untuk setiap sumbu, menggambarkan bagaimana node diputar menggunakan radian sebagai unit. Scaling cukup mudah; lagi, menggunakan triple (x, y, z), dan masing-masing bagian dari triple hanya faktor untuk skala sumbu dengan.
Posisi MyEntity dalam adegan ini akan ( 10,0,0 ) dan MyEntity2 akan berada di ( 10,10,20 ) .
Game
merupakan suatu program yang dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi salah
satu kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia pada hiburan. Hiburan dianggap
penting bagi seseorang dikarenakan dengan adanya hiburan akan mampu menyegarkan
kembali pikiran mereka setelah disibukkan dengan berbagai aktivitas yang
menguras tenaga dan otak.
Di zaman yang modern
ini, tidak dipungkiri lagi bahwa game sangat berperan untuk sebagian besar
pengguna teknologi, terutama pengguna komputer. Namun, game ternyata juga dapat
dijadikan sebuah bisnis yang menjanjikan. Dengan hobi para gamer ini, tentu
terdapat peluang untuk mendapatkan profit.
Bisnis dalam game
komputer berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi canggih saat
ini. Dahulu kita hanya dapat menikmati game yang tersedia di dalam komputer itu
sendiri, seperti pinball dan solitaire. Namun sekarang sudah tersedia game
online, dan juga games yang dapat didownload baik free maupun berbayar. Games
berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja dengan kita mengeluarkan uang
untuk membeli sebuah barang. Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan
tersendiri bagi pembelinya, karena terdapat fitur yang bagus di dalamnya.
Perkembangan lainnya ialah warung internet atau yang sering kita dengar dengan
istilah Warnet. Warnet kini identik dengan game online yang mereka sediakan,
adapun game berbayar yang disediakan warnet sehingga kita hanya tinggal
memainkannya. Baik anak kecil hingga orang dewasa mempunyai hobi bermain game
online ini. Dengan menyediakan tempat, perangkat komputer yang lengkap, dan
fasilitas pendukung lainnya, membuat gamers betah berlama-lama untuk bermain.
Game/permainan adalah
sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game berarti
“hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan
intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan
sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin
dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan
ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Beberapa waktu lalu
istilah “game” yang dalam bahasa Indonesia adalah “permainan” identik dengan
anak-anak selaku pemain. Tentunya dalam permainan itu suatu kegiatan yang
dilakukan oleh anak-anak yang menurut mereka itu dapat menyenangkan hati
mereka. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan
intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai
game. Tetapi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang terdapat di
komputer, baik off line maupun online.
Saat ini perkembangan
games di komputer sangat cepat. Para pengelola industri game berlomba-lomba
untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para pemainnya. Hal
inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat. Sehingga games
bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi.
Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual
para penggunanya.
Industri game memang
masih terbilang baru di Indonesia. Kendati begitu, perkembangannya sudah sangat
pesat dan menjadi bisnis yang sangat menggiurkan. Penyebab utamanya adalah
berkembangnya era teknologi dan komunikasi.
Perkembangan ini
terlihat dari banyaknya game center yang terus bermunculan, terutama yang
menyediakan jasa game online. Bukan tanpa alasan game online menjadi semakin marak
dan digandrungi, karena fasilitas online memungkinkan sebuah game dapat
dimainkan oleh 100 orang lebih secara bersama-sama dalam satu waktu.
“Bisnis game online
di dalam negeri masih besar, disebabkan ekonomi Indonesia yang tumbuh di atas
6% dari tahun ke tahun. Besarnya potensi pasar tersebut memberikan dukungan
kepada Megaxus untuk tetap eksis,” kata Eva Mulawati, Managing Director PT.
Megaxus Infotech dalam peluncurangame ‘Heroes of Atarsia’ di Senayan City,
Jakarta.
Masuknya game online
ke Indonesia sendiri baru terjadi pada tahun 2001 dengan masuknya Nexia Online.
Sejak saat itu, berbagai game dari masing-masing genre seperti action, sports,
hingga RPG (Role-Playing Game) terus bermunculan
Game menjadi gaya
hidup
Akibatnya, tidak bisa
dipungkiri bahwa game telah menjadi gaya hidup tersendiri. Mulai dari game di
Facebook, game offline (PC, PlayStation, mobile), serta game online (PC dan
mobile) kerap dimainkan oleh masyarakat Indonesia. Komunitas-komunitas berbasis
game pun bermunculan. Alhasil, industri game pun jadi kian kompetitif.
Menurut catatan
Megaxus, sepanjang tahun 2013, industri game di Indonesia mengalami peningkatan
sebanyak 35% dari tahun sebelumnya, dengan pendapatan senilai US$ 190 juta, dan
ada lebih dari 25 juta pemain game online (sekitar 80% via PC kemudian 20%
lewat mobile).
Tren game
Meski hingga kini
game yang dimainkan lewat PC masih lebih ramai dibandingkan dengan mobile,
namun menurut prediksi Megaxus, mobile games akan populer dan menjadi tren.
Jika benar, maka industri game di Indonesia harus mulai membuat game berbasis
smartphone dari sekarang.
Sementara ketika
ditanya apakah Megaxus juga akan membuat game versi mobile, Wida Handoyo,
Marketing Manager PT. Megaxus Infotech mengatakan, “Ya pasti, kita sedang
berencana untuk membuat game mobile, tapi kita masih belum bisa beritahukan
secara pasti, game seperti apa dan kapan dikeluarkannya.”
Contoh untuk bisnis
dalam game komputer itu beragam. Seperti kita dituntut melakukan pembayaran
untuk game tersebut. Maksud dari pembayaran ini adalah bagaimana perusahaan
game online mendapatkan uang dari gamesnya. Bedasarkan kategori ini games
online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
A. Pay Per Item, game
yang berada pada category ini merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan
secara gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila
pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang
tidak pernah dijumpai pada permainan. Jenis game seperti ini yang paling
dijumpai di Indonesia. Contoh: Gunbound, Ragnarok, Ghost Online,dll.
B. Pay per Play, game
ini harus dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat diinstal game
terebut akan mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila yang diinstal
adalah program bajakan maka secara otomatis system akan memblokirnya. Contoh:
War of Warcraft,dll.
Game engine adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah game.
Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Sebuah game engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar. Yaitu API dan SDK. API ( Applicaiton Programming Interfaces ) adalah bagian operating system, services dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan. Dalam hal ini contohnya DirectX. Sementara SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan services yang sama.
Scene Graph
adalah suatu teknik pengelolaan data atau struktur data yang biasanya dipakai pada suatu aplikasi rekayasa grafis berbasis vektor dan pemodelan tiga dimensi baik itu untuk keperluan video game ataupun yang lainnya dengan menggunakan konsep graf berarah dan pohon m-ary.
Beberapa program yang menggunakan Scene Graph ini adalah AutoCad, Adobe Illustrator, Corel Draw, dll. Pengertian teoritis dari Scene Graph ini sebenarnya tidak jelas atau kabur dikarenakan para programmer yang menggunakan Scene Graph pada sebuah aplikasi hanya mengambil prinsip dasarnya lalu mengimplementasikannya pada aplikasi tersebut sesuai fungsi dari aplikasi tersebut.
Ogre 3D
Sebuah adegan grafik adalah salah satu konsep yang paling banyak digunakan dalam pemrograman grafis. Sederhananya, itu adalah cara untuk menyimpan informasi tentang adegan. Kita sudah membahas bahwa adegan grafik memiliki akar dan diatur seperti pohon. Tapi kami tidak menyentuh pada fungsi yang paling penting dari grafik adegan. Setiap node dari grafik adegan memiliki daftar anak-anak serta transformasi dalam ruang 3D. Transformasi ini terdiri dari tiga aspek, yaitu, posisi, rotasi, dan skala. Posisi triple (x, y, z), yang jelas menggambarkan posisi node dalam adegan. Rotasi disimpan menggunakan angka empat, konsep matematika untuk menyimpan rotasi dalam ruang 3D, tapi kami bisa memikirkan rotasi sebagai nilai floating point tunggal untuk setiap sumbu, menggambarkan bagaimana node diputar menggunakan radian sebagai unit. Scaling cukup mudah; lagi, menggunakan triple (x, y, z), dan masing-masing bagian dari triple hanya faktor untuk skala sumbu dengan.
Hal penting tentang adegan grafik adalah bahwa transformasi adalah
relatif terhadap induk dari node. Jika kita mengubah orientasi orang
tua, anak-anak juga akan terpengaruh oleh perubahan ini. Ketika kita
bergerak induk 10 unit sepanjang sumbu x, semua anak juga akan
dipindahkan oleh 10 unit sepanjang sumbu x. Orientasi akhir dari setiap
anak dihitung dengan menggunakan orientasi semua orang tua. Fakta ini
akan menjadi lebih jelas dengan diagram berikutnya.
Posisi MyEntity dalam adegan ini akan ( 10,0,0 ) dan MyEntity2 akan berada di ( 10,10,20 ) .
fitur produktivitas
- Sederhana , mudah digunakan OO dirancang untuk meminimalkan upaya yang diperlukan untuk membuat adegan 3D , dan untuk menjadi independen dari implementasi 3D yaitu Direct3D / OpenGL .
- Misalnya kerangka extensible membuat mendapatkan menjalankan aplikasi Anda cepat dan sederhana
- persyaratan umum seperti membuat manajemen negara , pemusnahan spasial , berhubungan dengan transparansi dilakukan untuk anda secara otomatis menghemat waktu yang berharga
- Bersih , desain rapi dan dokumentasi penuh dari semua kelas mesin
- Terbukti , mesin stabil digunakan dalam beberapa produk komersial
Platform & API 3D dukungan
- Direct3D 9 & 11 , OpenGL ( termasuk . ES , ES2 , ES3 dan OGL3 + ) dan WebGL ( Emscripten ) dukungan Jendela ( semua versi utama ) , Linux , Mac OSX , Android , iOS , Windows Phone & WinRT
- dukungan Didasarkan pada berbagai kompiler seperti MSVC , GCC 3+ atau dentang
Fitur adegan
Sangat disesuaikan , manajemen adegan fleksibel , tidak terikat pada
jenis adegan tunggal . Gunakan kelas standar untuk adegan organisasi
jika mereka sesuai atau pasang di subclass Anda sendiri untuk
mendapatkan kontrol penuh atas organisasi adegan
Beberapa contoh plugin menunjukkan berbagai cara penanganan adegan
khusus untuk jenis tertentu dari tata letak ( mis BSP , octree )
Hirarkis adegan grafik ; node memungkinkan objek yang akan melekat satu
sama lain dan mengikuti setiap gerakan lain , struktur diartikulasikan
dll
Beberapa teknik bayangan rendering, teknik baik modulative dan aditif ,
stensil dan tekstur berbasis , masing-masing sangat dapat dikonfigurasi
dan mengambil keuntungan penuh dari setiap akselerasi perangkat keras
yang tersedia .
Game Maker
Game maker merupakan aplikasi game
editor yang bersifat free atau gratis. Software ini bisa digabungkan
dengan bahasa pemograman lain seperti C++, berguna bagi yang ingin
membuat game bertipe Arcade(2D), juga sudah disediakan sampel game yang
dibuat dengan software ini, diantara software itu pasti ada satu yang
dikenal yaitu game “1945″.
Game maker memungkinkan untuk membuat permainan dengan menggunakan
drag-and-drop sederhana,sehingga tidak perlu memiliki pengalaman coding
sebelumnya. Ini mencakup pilihan bahasa pemrograman untuk menambahkan
fitur-fitur canggih pada permainan tanpa perlu menulis satu baris kode..
Software ini juga dapat membuat permainan mencari profesional dalam
sedikit waktu dan membuat game dengan latar belakang, animasi grafis,
musik dan efek suara bahkan game 3D. Jika telah memiliki banyak
pengalaman, ada built-in bahasa pemrograman, yang memberikan
fleksibilitas penuh menciptakan permainan dengan Game Maker.
Aplikasi yang digunakan dalam game maker :
- v System Operasi : Windows Me/2000/XP/Vista
- v Prosesor : Min P3-500,rekomendasi Intel Pentium Core 2 Quad
- v Memori : Min 512 MB,rekomendasi 2 GB
- v Harddisk : free space 250 MB
- v VGA Card : Support OpenGL & Direct X
- v Direct X9.oc
- v Speaker multimedia
Komponen pada game maker :
- v Sprite
Sprite merupakan visualisasi gambar yang akan digunakan untuk
mempresentasikan objek pada game. Sprite dapat berupa gambar diam dan
dapat juga gambar animasi.
- v Object
Object digunakan sebagai fungsi variable game. Pada fungsi ini,sprite
yang telah dibuat akan didefinisikan dengan memberikan event dan action
- v Background
Background digunakan untuk memberikan tampilan pada game dalam bentuk gambar
- v Room
Room digunakan untuk menerapkan objek pada ruang game, room dapat juga disebut dengan level game.
Processing
Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang
bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi,
dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar
pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku
sketsa perangkat lunak dan alat produksi profesional. Processing
mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan
metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.
Processing merupakan suatu projek yang dinisiasi oleh Ben fry dan casey
reas. Berkembang dari ide-ide yang dieksplorasi di Aesthetics and
Computation Group (ACG) di Mit Media Lab. Projek ini kini terus
diperbaiki dan dikelola oleh sejumlah Tim Voluntir.
Unity 3D
Unity merupakan ekosistem pengembangan game: mesin render yang kuat
terintegrasi dengan satu set lengkap alat intuitif dan alur kerja yang
cepat untuk membuat konten 3D interaktif, penerbitan multiplatform yang
mudah, ribuan kualitas, aset siap pakai di Asset Store dan berbagi
pengetahuan di komunitas.
Untuk developer dan studio independen, Unity dengan demokratisasi
ekosistem menghancurkan waktu dan biaya hambatan untuk menciptakan
permainan unik dan indah. Mereka menggunakan Unity untuk membangun
penghidupan melakukan apa yang mereka suka: menciptakan permainan yang
menghubungkan dan menyenangkan pemain pada platform apapun.
Unity Software
Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan
game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus
dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity
dibuat degan user interface yang sederhana. Editor ini dibuat setelah
ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor
satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game. Grafis pada unity
dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity
mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua
format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat
beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk
Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.
Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat video game 3D, real
time animasi 3D dan visualisasi arsitektur dan isi serupa yang
interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan plugin untuk web
player dan menghasilkan game browser yang didukung oleh Windows dan Mac.
Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets Mac. Unity juga akan
mendukung console terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox 360. Pada
tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation Award yang diberikan
oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity Technology menjadi 5
perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara dua pada Apple
Design Awards.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar